[English] Cara Memahami (Bukan Menghafal) Vocab


Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Assalaamu’alaykum..wrh.wbr.

Vocab adalah masalah yang sangat signifikan bagi English Learners. Banyak yang semacam memaksakan diri untuk menghafal, padahal sebenarnya tidak perlu menghafal, hanya perlu memahami. Kata kakak kelasku, don’t ever try to recall, just keep trying to comprehend. Memang kadang orang menganggap remeh sebuah pemahaman. Tapi ini sungguh efektif, loh. Insya Allah.

Nih tak kasih tips dikit : d^^b

Lihat, Ingat, dan Bayangkan

Dulu caraku menghafal adalah dengan menulis sepuluh sampai lima belas (kalau lagi rajin sampe tiga puluh) kosakata dan artinya di kertas kecil dan kulipat kecil, kubawa kemana-mana dan kubaca setiap sempat, mengingat-ingat. Kertas itu setia sampai aku hafal semuanya hingga usang dan kayak kapas. Tapi kemudian aku dapat cara lain. Aku coba membayangkan. Membayangkan kata tersebut tertulis di kepalaku. Dengan memejamkan mata, hehe. Lucu mungkin kedengarannya, tapi percaya ga percaya, cara mengingat sambil merem lebih efektif loh. ^^

Sudah terbayang, Tulis

Nah, dulu itu kan aku cuma ingat-ingat aja lewat kertasku. Sambil berusaha membayangkan. Tapi kalau ada pelajaran nulis-nulis, ujung-ujungnya aku balik ke kamus, hahah. Lama-lama aku memegang pepatah Tiongkok, “Tinta paling buruk tetap lebih baik dari ingatan yang paling bagus.” Oh iya ya, akhirnya aku suka nulis-nulis (ntah pake pensil atau pake telunjuk doang) kata-kata yang lagi aku targetkan, menulisnya kalau pake pensil di kertas coret-coret, tapi kalau pake telunjuk di mana aja yang pantas hehe. Lama-lama ga cuma bisa menghafal cara ngomongnya tapi juga cara nulisnya. Meskipun vocabsku ga sebanyak kalian. ^^’

Pahami

Dulu itu aku cuma tahu arti ini itu dan arti itu ini. Tidak lebih. Tidak memahami makna sebenarnya. Misalnya nih kita sudah tahu arti put itu meletakkan. Padahal ternyata put itu kalau ditambah pernak pernik kata depan atau kata keterangan, bisa berubah total maknanya. Jadi tidak bisa “hafal mati”. “Put” kalau ditambah “off” (put off) artinya postpone/delay/menunda. Kalau ditambah “on” (put on) jadinya mengenakan (pakaian). Kalau ditambah “in” (put in) jadinya memasukkan. Kalau ditambah “out” (put out) jadinya malah strive/stuggle/berusaha keras. Nah, keren, kan? Hehe.

Sandingkan dengan Tulisan

Nah, kalau misalnya sudah ngerti, coba aja bikin-bikin kalimat pake bahasa Inggris, liat contoh-contohnya di kamus (lebih bagus oxford).  Dengan implementasi bisa lebih maduk dan terlatih untuk memahami vocab-vocab target. 😉 misalnya tentang put di atas, kita coba bikin kalimatnya.

  • The armada puts the flight off knowing there will be hurricane in San Diego (pura-puranya).
  • I’ve put my jacket on a thousand times, I’m done.
  • Rebecca puts me in demography division.
  • Don’t put yourself out to take care of these boys.

Nah, bisa dilihat, kan, keempat kalimat itu punya makna yang berbeda nyata. d^^b

Gunakan

Bila sudah bisa bikin-bikin kalimat, nah udah bisa tuh dipraktikkan sambil ngomong, biasanya sih lebih lekat di kepala dan bisa hafal tanpa harus melatihnya. Contoh nyatanya bila kita dengar-dengar music (pake bahasa Inggris), kita tentu ujung-ujungnya hafal isi lagu tersebut, vocabs kita bertambah karena kita berusaha mencari arti dari lirik yang didapat. Misalnya aku, dari dulu aku susah sekali membenarkan hafalan ku menulis “tongue”, aku selalu menulisnya “tounge” hehe. Tapi karena aku berusaha bikin tongue twisters” dan yang satu lagi, jadi bisa lebih lekat di kepala, gitu friends. 😉 Sekaligus melatih speaking (reading).

Tips tambahan

Biasanya yang suka aku dengar di film-film, bahasa Inggris itu sangat fleksibel, satu maksud bisa dinyatakan dengan berbagai cara dan makna. Kita bisa belajar tidak hanya one on one vocab, tapi satu kata Indonesia kita bisa menyampaikan dalam banyak ungkapan bahasa Inggris. Nih contohnya:

  • Believe, trust, count on, count in, put in charge. Kurang lebih artinya sama “percaya”.
  • Friend, buddy, companion, fellow, mate. Artinya kurang lebih sama “teman”.
  • Visit, call on, give a call, kurang lebih artinya sama “mengunjungi”.

Dan sebaliknya, satu kata dalam bahasa Inggris, bisa mempunyai banyak arti bila ditambah pernak-pernik atau sedikit diubah kata dasarnya. Contoh :

  • Take, Take on, take care, take care on, take care of, care about, take in, take off, take down, take up, semua artinya berbeda. *cari tahu sendiri, hehe
  • Act, active, action, actor, actress, acting, artinya beda-beda.
  • Cook, cook, cook, (bisa punya tiga arti berbeda).
  • Result, result in, result of, resultant. Beda-beda juga. ^^d

Wah, masih banyak lagi, tuh. Cuma hanya segitu yang aku lagi ingat sekarang, wkwkwk.. Nah, begitulah cara menambah kosakata kita, sekali lagi jangan hafal mati, dan mari kita coba gunakan banyak jalan menuju Roma (meskipun aku belum (niat) kesana, hehe).

Itu saja deh, semoga bermanfaat. ingat pepatah guru, “Learning by Doing”, bukan hanya “Practice makes perfect”.

Good luck for us, ^^b

Mau lancar ngomong bahasa Inggris : tipsnya di sini 🙂

15 thoughts on “[English] Cara Memahami (Bukan Menghafal) Vocab

  1. Pingback: [English] Tips Agar Bisa Lancar Berbahasa Inggris « Merajut Kata

  2. Pingback: [English] Singkatan Umum dalam Bahasa Inggris « Merajut Kata

Terima kasih atas komentar antum. :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s