[Kesehatan] Apa Itu Vertigo?


Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Assalaamu’alaykum.wrh.wbr.

Pembaca budiman, kali ini tulisanku agak beda dengan biasanya (kayak banyak yang baca aja, hehe). Agak serius dan bukan tentang keahlian amatirku. Tentang kesehatan. ^^ tepatnya tentang penyakit.

Pernah merasa pusiiiiing banget, seharian ga bisa hilang rasa pusingnya? Apakah kemana pun bergerak rasa pusing itu terus mengikuti? Bukan hanya saat bangkit dari duduk (salah satu gejala darah rendah), tapi juga duduk dari berdiri?

Pernah? Jika iya, maka go see doctor soon. Siapa tahu kena vertigo. Apa itu vertigo? Vertigo adalah seuatu penyakit di mana penderita akan merasakan pusing luar biasa, telinga berdenging (seperti bunyi lebah atau gitar cempreng), dan penderita tingkat parah bisa jatuh pingsan. Dari informasi yang kudapat dari searching, vertigo itu dibagi dua, ada yang “setengah”, tidak semua bagian kepala terkena akibatnya, gejalanya sering terjadi tapi cepat berlalu. Satu lagi vertigo “keseluruhan”, jadi seluruh tubuh akan terasa pusing, itu berlangsung tidak sesering jenis satunya, tapi sekali kambuh akan sangat menyiksa dan susah sekali hilangnya. Aku tidak mengerti secara medisnya bagaimana, kebetulan aku bukan mahasiswi kedokteran. ^^’

Yang bisa aku ceritakan mungkin gejala-gejalanya, penyebabnya, dan “penanggulangannya”. Gejala vertigo yang sudah parah—yang aku tahu—seperti ini : Continue reading

[Pengetahuan] Belajar Minum Air Putih


Malas minum air putih. Itu ungkapan yang sering sekali kita dengar. Maka minum air putih pun perlu diajarkan sejak anak-anak, agar kebiasaan malas minum air putih tidak berlanjut hingga dewasa. Tahukah kita diperkirakan setengah penduduk bumi ini mengalami dehidrasi kronis.

Beberapa kiat minum air putih yang aku tahu:

  • Lakukan bertahap aja, kalau awalnya kita susah banget minum air putih, untuk mencapai standar minimal delapan gelas perhari itu (banyak, ya ^^’), bisa kita mulai dengan minum satu gelas di pagi hari dan satu gelas di malam harinya. Kalau kita mual, bisa dicampur jeruk nipis atau lemon (kalau aku malah kurang tuh, segelas ^^’).
  • Kalau kita maem di warteg, inget aja air putih tu gratis, loh. Kalau kita ke tempat mahal (kl aku jarang, sih, hehe), minumnya ga perlu yang mahal-mahal kayak orang kaya, minta aja air putih, itung-itung kita berhemat juga, kan? ^^b
  • Bagi pembaca Continue reading

[Pengetahuan] Kurang Air, Otak Mengecil


Dehidrasi bisa mengakibtakab hilang ingatan sementara (Short term memory loss). Kurangnya asupan air putih menyebabkan pengerutan otak anak dan remaja. Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia sedang berupaya agar kecukupan air putih masuk sebgai patokan gizi seimbnag, yang selam ini “hanya” berpedoman pada empat sehat lima sempurna.

Dehidrasi dan Otak

  • Beberapa bagian otak sangat mengandalkan energi dari air. Komposisi air dalam otak adalah 80 persen dan sekitar dua pertiga tubuh terdiri atas cairan.
  • Air sangat vital bagi produksi energy di sel tubuh, keseluruhan metabolisme, dan untuk kerja neuritransimiter- cairan kimia yang berasal dari saraf yang bertugas membawa berbagai pesan dan sensasi ke otak.
  • Kerja transmitter juga sangat bergantung pada air. Sepanjang saluran saraf kita terdapat saluran air mikro untuk jalannya air. Aliran air inilah yang mengangkut neurotransmitter hingga ke ujung-ujung saraf.
  • Air merupakan alat transportasi vitamin, mineral, asam amino, glukosa, hormone, enzim, dan substansi lain ke arah tubuh.
  • Bila tubuh mengalami dehidrasi, transmisi dalam saraf terganggu, dan fungsi otak pun melemah. Kekurangan dua persen cairan tubuh saja bisa mengakibatkan hilang ingatan jangka pendek. (short term memory loss).

*ini hasil baca2 di koran tempo ^^